PENERAPAN CAKAP DIGITAL PADA UMKM CV. RAFIAH KELURAHAN TANJUNGPINANG TIMUR

  • Herman Herman Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Agustinus Sihombing Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Muqtafin Muqtafin Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Betty Leindarita Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang
Keywords: Cakap Digital, UMKM CV> Rafiah, Tanjung Pinang Timur

Abstract

Fenomena yang terdapat pada UMKM CV. Rafiah adalah belum menerapkan pembukuan yang efektif dan efisien, pemasaran digital yang dilakukan belum maksimal serta kemasan produk yang masih kurang menarik minat pelanggan. Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan dalam kegiatan PKM Cakap Digital ini adalah metode asumsi deskriptif, yang mana kami melakukan:(1)Pengumpulan informasi/data ke 4 UMKM yang terdapat di Kelurahan Tanjungpinang Timur dengan cara melakukan observasi dan wawancara.(2)Memberikan keterampilan dan edukasi mengenai pemasaran digital dan pencatatan keuangan digital serta penerapannya.(3)Melakukan evaluasi penerapan manajemen keuangan digital dan digital marketing dalam upaya peningkatan omset penjualan bagi 4 UMKM yang terdapat di Kelurahan Tanjungpinang Timur tersebut. Adanya pandemi Covid-19 membuat diberlakukannya pembatasan- pembatasan yang menyebabkan kegiatan perekonomian yang dilaksanakan secara tatap muka menjadi beralih ke arah digital. Karena itulah, UMKM di Kelurahan Tanjungpinang Timur yang juga terdampak oleh adanya Covid-19 ini perlu mengikuti perkembangan dan memulai menerapkan digitalisasi. Dengan PKM Cakap Digital ini, kami bergerak untuk membantu mengembangkan dan menghidupkan kembali UMKM yang ada dengan digitalisasi dan inovasi-inovasi baru. Yang mana digitalisasi dan inovasi-inovasinya yaitu(1)Pembuatan media sosial berupa whatsapp bisnis, instagram bisnis, dan facebook bisnis untuk memudahkan promosi dan mengembangkan penjualan ke empat UMKM tersebut.(2)Pengenalan dan penerapan pembukuan digital dengan aplikasi SI APIK buatan Bank Indonesia yang gratis dan mudah digunakan agar pembukuan dan keuangan ke empat UMKM tersebut jelas dan teratur.(3)Memberikan pengetahuan tentang digitalisasi, penggunaan media sosial, dan pentingnya fitur keamanan seperti password dan verification agar UMKM dapat menerapkan digitalisasi usaha dengan aman. (4) Memberikan inovasi-inovasi produk baru kepada UMKM, serta pembuatan logo dan packaging yang menarik untuk memudahkan promosi dan memperluas jangkauan pelanggan.

Published
2025-08-22
How to Cite
Herman, H., Sihombing, A., Muqtafin, M., & Leindarita, B. (2025). PENERAPAN CAKAP DIGITAL PADA UMKM CV. RAFIAH KELURAHAN TANJUNGPINANG TIMUR. Jurnal Pengabdian, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (JP3EM), 1(3), 111-122. Retrieved from https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/jp3em/article/view/2494
Section
Articles