PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP CUSTOMER EMOTION PADA UNITY MART TANJUNGPINANG

  • Desi Maryanti Program Studi Manajemen STIE Pembangunan Tanjungpinang
Keywords: Store Atmosphere, Customer Emotion

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere yang dilaksanakan terhadap customer emotion pada Unity Mart Tanjunpinang. Penelitian ini menggunakan sampel sembanyak 100 orang responden  dengan  menggunakan teknik sampel probability sampling yaitu Simpel random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek penelitian ini berupa pelanggan Unity Mart Tanjungpinang. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dimana responden mengisi kuisioner sebanyak 21 butir pernyataan yang berkaitan dengan variabel yang diukur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh store atmosphere terhadap customer emotion sebesar 36% di Unity Mart Tanjungpinang. Hal ini dibuktikan melalui nilai t Hitung sebesar 7.420> t Tabel 1,984 dan nilai Sig. 0,000< 0,05. Nilai koefisien regresi variabel Store Atmosphere sebesar 4.064 Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara Store Atmosphere dengan Customer Emotion, semakin naik Store Atmosphere maka semakin naik Customer Emotion. Dapat disimpulkan bahwa store atmosphere berpengaruh terhadap customer emotion. Elemen-elemen dari store atmosphere yang ditata dengan unik dan menarik mampu menciptakan suatu suasana toko yang dapat mempengaruhi emosi pengunjung seperti perasaan nyaman, perasaan senang, membangkitkan gairah untuk membeli atau sekedar berlama-lama didalam toko

Published
2022-11-08
How to Cite
Maryanti, D. (2022). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP CUSTOMER EMOTION PADA UNITY MART TANJUNGPINANG. CASH, 5(1), 13-27. https://doi.org/10.52624/cash.v5i1.2291