MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial <p>Manajerial dan Bisnis Tanjungpinang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembanunan - Tanjungpinang secara berkala dengan tujuan untuk mempublikasikan dan mengkomunikasikan tulisan ilmiah dalam bidang manajemen dan bisnis serta sebagian keilmuan bidang lainnya yang terkait dengan manajemen dan bisnis.</p> en-US ekakurnia@stie-pembangunan.ac.id (Eka Kurnia Saputra) chartady@stie-pembanguan.ac.id (Rachmad Chartady) Wed, 07 Feb 2024 04:06:31 +0000 OJS 3.1.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, KUALITAS PESAN IKLAN, DAN FREKUENSI PENAYANGAN IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI MIE SEDAP KOREAN SPICY CHICKEN https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/1609 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik iklan, kualitas pesan iklan, dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan televisi Mie sedap <em>Korean Spicy Chicken</em>. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Masyarakat Tanjungpinang Timur yang tahu dan pernah melihat iklan Mie Sedap <em>Korean Spicy Chicken</em><em>.</em> Teknik pengambilan sampel menggunakan <em>purposive sampling</em>, dengan jumlah sampel 400 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program <em>JASP</em> 15.Hasil penelitian ini berdasarkan uji hipotesis didapatkan hasil bahwa daya tarik iklan, kualitas pesan iklan, dan frekuensi penayangan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan dengan t<sub>hitung </sub>masing masing sebesar 6,310, 9,285, dan 5,657 pada tingkat sig 0,001. Berdasarkan hasil uji F didapatkan hasil bahwa daya tarik iklan, kualitas pesan iklan, dan frekuensi penayangan iklan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan dengan nilai f<sub>hitung </sub>217,560 dengan probabilitas 0,001. Sedangkan hasil uji koefisien determinasi (R<sup>2</sup>) sebesar 0,620 atau 62%, sementara sisanya 38% dipengaruhi oleh variabel lain.</p> Selvi Fauzar, Yossy Oktaviana Sistra ##submission.copyrightStatement## https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/1609 Fri, 19 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO AMAN BERKAT MOTOR TANJUNGPINANG https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2413 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh Pengaruh Pengetahuan Produk, Kualitas Produk, Dan Kelengkapan Produk Terhadap&nbsp; Keputusan Pembelian Pada Toko Aman Berkat Motor Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Toko Aman Berkat Motor yang aktif dalam melakukan pembelian produk spare part Toyota pada tahun 2022, yang berjumlah 4413 orang. Pada penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan penelitian ini sebesar 367 responden terhitung menggunakan rumus slovin dengan 5% dari populasi. Aplikasi pengolahan data yang digunakan dalam melakukan uji pemilihan model regresi, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis adalah JASP versi 0.17.2.1. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara Pengetahuan Produk terhadap Keputusan Pembelian, terdapat pengaruh signifikan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dan juga terdapat pengaruh signifikan antara Kelengkapan Produk terhadap keputusan Pembelian.</p> risna wati, Raja Hardiansyah ##submission.copyrightStatement## https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2413 Fri, 19 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY SEMEN CONCH DI PT KONSINDO BANGUN PERKASA YANG DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2414 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Brand Loyalty semen Conch PT Konsindo Bangun Perkasa yang dimediasi oleh Brand Trust. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen PT Konsindo Bangun Perkasa yang aktif dalam melakukan pembelian semen dengan merek Conch pada bulan April tahun 2023 yang berjumlah 67 toko. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 67 sampel yang menggunakan teknik sampling jenuh. Aplikasi pengolahan data yang digunakan dalam melakukan uji <em>inner</em> dan <em>outer model</em> adalah SMARTPLS 4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh langsung dan tidak signifikan <em>brand awareness</em> terhadap <em>brand loyalty</em>, terdapat pengaruh langsung dan signifikan <em>brand awareness</em> terhadap <em>brand trust</em>, terdapat pengaruh langsung dan tidak signifikan <em>brand image</em> terhadap <em>brand loyalty</em>, terdapat pengaruh langsung dan signifikan <em>brand image</em> terhadap <em>brand trust</em>, terdapat pengaruh langsung dan signifikan <em>brand trust</em> terhadap <em>brand loyalty</em>, terdapat pengaruh tidak langsung dan signifikan <em>brand awareness</em> terhadap <em>brand loyalty</em> melalui <em>brand trust</em> sebagai mediasi, terdapat pengaruh tidak langsung dan tidak signifikan <em>brand image</em> terhadap <em>brand loyalty</em> melalui <em>brand trust</em> sebagai mediasi.</p> Rudi Alhempi, Raja Hardiansyah, Risnawati Risnawati ##submission.copyrightStatement## https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2414 Fri, 19 Jan 2024 14:30:25 +0000 ANALISIS MANAJEMEN STRES PADA PERAWAT INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA TANJUNGPINANG https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2415 <p>Sumber Daya Manusia memiliki peran penting dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi itu tersebut. Begitu pula pada organisasi yang bergerak dibidang pelayanan seperti Rumah Sakit, tentu saja manajemen stres pada setiap individu menjadi perhatian khusus. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen stres dari perawat yang ada di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit. Sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang, dengan menggunakan teknik sampel <em>purposive sampling</em>. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu studi lapangan yang meliputi observasi, studi wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Pada tahap studi wawancara responden akan menjawab dan merincikan 9 pertanyaan yang telah disusun oleh peneliti berdasarkan 2 dimensi yaitu pendekatan individual dan pendekatan organisasional. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen stres perawat dapat dikelola dengan beberapa cara pada kedua dimensi. Pada dimensi pendekatan individual yaitu membuat catatan kecil yang berhubungan dengan perencanaan kerja, melakukan pekerjaan dari yang terpenting dahulu, melakukan latihan fisik seperti berolahraga, meluangkan waktu khusus secara rutin untuk beristirahat dan berbincang-bincang dengan orang lain. &nbsp;Selanjutnya yaitu bekerja sesuai dengan kemampuan, menyediakan forum diskusi, memberikan hak suara berpendapat, dan melakukan kegiatan bersama seperti senam dan family gathering.</p> Muhammad Mu'azamsyah, Ivan Ridha Wardana ##submission.copyrightStatement## https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2415 Fri, 19 Jan 2024 14:40:46 +0000 PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) PADA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KOTA TANJUNGPINANG https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2416 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tanjungpinang, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tanjungpinang, (3) pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Objek dari penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tanjungpinang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 128 orang dan sampel yang diambil berjumlah 97 orang dengan menggunakan teknik <em>Probability Sampling, </em>serta penarikan sampelnya menggunakan rumus <em>Slovin</em>. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner dengan model <em>Skala Likert</em> dan observasi<em>.</em> Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa secara parsial disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 50%, uji hipotesis diperoleh t hitung &gt; t tabel atau (18,499 &gt; 1,985). Motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai sebesar 29%, uji hipotesis diperoleh t hitung &gt; t tabel atau (10,582 &gt; 1,985). Disiplin kerja dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan persamaan regresi Y = 7,541 + 0,504.X1 + 0,293.X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 94%, uji hipotesis diperoleh F hitung &gt; F tabel atau (689,742 &gt; 3,09). Kesimpulan pada penelitian ini adalah disiplin kerja secara parsial berpengaruh siginifikan terhadap kinerja pegawai. Motivasi kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Disiplin kerja dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Satuan Polisi Pamong Kota Tanjungpinang.</p> kiki kiki, Ahmad Yani ##submission.copyrightStatement## https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2416 Fri, 19 Jan 2024 15:09:03 +0000 PENGARUH KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN BINTAN https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2417 <p>Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode asosiatif kuantitatif. Responden penelitian ini adalah pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan sebanyak 57 sampel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda menggunakan <em>software</em> SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai. Artinya, semakin baik tingkat kompetensi dan disiplin kerja yang dimiliki pegawai Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, maka akan semakin baik pula kinerja pegawai yang didapatkan. Hasil pembahasan dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh baik secara parsial dan simultan antara kompetensi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai. Hal ini menjelaskan bahwa kedua variabel tersebut berhasil meningkatkan kinerja pegawai dengan nilai sebesar 44,3%.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> Bambang Triono, Octojaya Abriyosos ##submission.copyrightStatement## https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2417 Fri, 19 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN KETERAMPILAN USAHA TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA UMKM AKAU POTONG LEMBU TANJUNGPINANG https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2418 <p>Tujuan dilakukannya penelitian untuk mengetahui apakah pengetahuan kewirausahaan dan keterampilan usaha dapat berpengaruh terhadap keberhasilan usaha pada umkm akau potong lembu tanjungpinang, selain itu untuk mengukur dan dinilai dari komponen-komponen pengetahuan kewirausahaan dan keterampilan usaha. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode angket (kuesioner) dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 umkm akau potong lembu tanjungpinang,dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 30 responden UMKM. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari empat teknik yaitu : <em>editing, coding, scoring, </em>dan<em> tabulating</em>. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan output spss diatas, diketahui Fhitung sebesar 1287,515 sedangkan Ftabel sebesar 3,34 sehingga Fhitung &gt; Ftabel atau 1287,515 &gt; 3,34. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan keputusan dalam Uji F hipotesis diterima atau dengan kata lain variabel pengetahuan kewirausahaan (X1) dan keterampilan usaha (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel keberhasilan usaha (Y). selain itu ditentukan juga besar nilai pengaruh antara variabel independen yaitu pengetahuan kewirausahaan dan keterampilan usaha berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keberhasilan usaha sebesar 99,0% sedangkan sisanya 1,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.</p> Anissa Yurini, Raja Hardiansyah ##submission.copyrightStatement## https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2418 Fri, 19 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION PADA CHAMUCII_BOUQUET DI TANJUNGPINANG https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2419 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel <em>social media marketing</em> terhadap <em>purchase decision</em> pada Chamucii_bouquet di Tanjungpinang. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 269 responden. Metode yang diambil menggunakan teknik <em>nonprobability sampling</em> dengan metode <em>purposive sampling</em>, dengan data yang dikumpulkan melalui studi pustaka dan kuesioner. Dimana responden mengisi kuesioner yang dibagikan dengan 24 butir pernyataan yang berkaitan dengan variabel yang diukur. Berdasarkan hasil penelitian pada uji t didapati nilai thitung sebesar 12.176 dan ttabel 1.65 dengan sig 0,00 &lt; 0,05. Untuk hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R <em>Square </em>0,357 sehingga dapat dinyatakan pengaruh variabel <em>social media marketing</em> memiliki pengaruh sebesar 35,7% terhadap <em>purchase decision</em>. Dapat disimpulkan bahwa <em>social media marketing</em> secara parsial berpengaruh signifikan terhadap <em>purchase decision</em> pada Chamucii_bouquet di Tanjungpinang. Hal ini menunjukkan apabila <em>social media marketing</em> semakin baik dilakukan maka akan meningkatkan purchase decision pada Chamucii_bouquet di Tanjungpinang.</p> Selvi Fauzar, Ays Yulise ##submission.copyrightStatement## https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2419 Fri, 19 Jan 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH PENDAPATAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERENCANAAN KEUANGAN https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2420 <p><sup></sup></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan dan literasi keuangan terhadap perencanaan keuangan mahasiswa akuntansi STIE Pembangunan Tanjungpinang baik secara simultan dan juga parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner secara offline/turun kekelas, dan studi Pustaka. Analisis data dengan melakukan ujikualitas data (validitas dan reabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas dan heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f) dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pendapatan dan literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perencanaan keuangan secara parsial, Namun penelitian ini juga menunjukan variabel pendapatan dan literasi keuangan berpengaruh secara simultan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> Ranat Mulia Pardede, Paradina Fussilat, Ranti Utami ##submission.copyrightStatement## https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/2420 Fri, 19 Jan 2024 00:00:00 +0000