PERAN ALGORITMA SEBAGAI KONSULTAN: PERSEPSI KONSUMEN PEREMPUAN GEN MILENIAL PADA PERSONALISASI DIGITAL BERBASIS AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)

  • Ellyn Citra Putranti STIE Kesuma Negara Blitar
  • Siti Sunrowiyati
  • Shara Merry Palupi

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi persepsi konsumen perempuan generasi milenial Indonesia terhadap peran algoritma sebagai konsultan dalam personalisasi digital berbasis AI. Mengimplementasikan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap tiga informan perempuan berusia 29-44 tahun (generasi milenial) yang merupakan pengguna aktif platform music streaming Spotify minimal 6 bulan. Hasil penelitian menunjukkan konsumen perempuan generasi milenial memandang algoritma AI sangat membantu aktivitas sehari-hari, khususnya dalam menyesuaikan musik dengan suasana hati. Meskipun pernah terjadi kebocoran data, konsumen tetap memiliki kepercayaan tinggi dan berniat konsisten menggunakan personalisasi AI. Namun, mereka mengidentifikasi kebutuhan edukasi fitur yang lebih baik, penyederhanaan antarmuka, dan penguatan keamanan data privasi.

Published
2025-12-15
How to Cite
Putranti, E., Sunrowiyati, S., & Palupi, S. (2025). PERAN ALGORITMA SEBAGAI KONSULTAN: PERSEPSI KONSUMEN PEREMPUAN GEN MILENIAL PADA PERSONALISASI DIGITAL BERBASIS AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE). Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 8(2), 204-215. https://doi.org/10.52624/manajerial.v8i2.2544