PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY, PRICE VALUE, DAN HABIT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FINTECH GOPAY PADA MAHASISWA STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG

  • Fauzi Fauzi
  • Regita Cahyani Cahyani
Keywords: Minat Penggunaan, Fintech, Performance Expectancy, Price Value dan Habit.

Abstract

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh performance expectancy, price value, dan habit terhadap minat penggunaan fintech GOPAY pada mahasiswa STIE Tanjungpinang. Objek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa akuntansi STIE Pembangunan Tanjungpinang yang menggunakan GOPAY sebanyak 116 orang responden, menggunakan metode pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling atau teknik sampel secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan program JASP version 0.17.21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data bersifat valid, reliabel dan normal. Untuk uji heteroskedastisitas menunjukkan tidak adanya heteroskedastisitas. Berdasarkan uji hipotesis, uji t menunjukkan bahwa variabel performance expectancy (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fintech GOPAY (Y), sedangkan variabel price value (X2) dan habit (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan fintech GOPAY (Y). Pada uji koefisien determinasi, performance expectancy, price value dan habit berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan fintech GOPAY sebesar 54,9%.

 

Kata Kunci: Minat Penggunaan, Fintech, Performance Expectancy, Price Value dan Habit.

 

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of performance expectancy, price value, and habit on interest in using GOPAY fintech among STIE Tanjungpinang students. The object of this study were all accounting students at STIE Pembangunan Tanjungpinang who used GOPAY as many as 116 respondents, using a purposive sampling technique or a random sampling technique. The method used in this research is a quantitative method. The data analysis technique used was data quality test, classic assumption test, multiple linear regression test and hypothesis testing with the help of the JASP version 0.17.21 program. The results of this study indicate that the data are valid, reliable and normal. The heteroscedasticity test shows no heteroscedasticity. Based on the hypothesis test, the t test shows that the performance expectancy variable (X1) has no significant effect on interest in using GOPAY fintech (Y), while the price value (X2) and habit (X3) variables have a positive and significant effect on interest in using GOPAY fintech (Y). In the coefficient of determination test, performance expectancy, price value and habit have a significant effect on Interest in using GOPAY fintech by 54.9%.

 

Keywords: Interest in Use, Fintech, Performance Expectancy, Price Value and Habit.

Published
2023-08-12
How to Cite
Fauzi, F., & Cahyani, R. (2023). PENGARUH PERFORMANCE EXPECTANCY, PRICE VALUE, DAN HABIT TERHADAP MINAT PENGGUNAAN FINTECH GOPAY PADA MAHASISWA STIE PEMBANGUNAN TANJUNGPINANG. MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG, 5(1), 25-40. https://doi.org/10.52624/manajerial.v5i1.2383