Upaya Membangun Keunggulan Bersaing UMKM Batik

  • Viktor Prasetya Institut Teknologi dan Bisnis Adias
  • Hartoyo Hartoyo
  • Selamet Selamet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, desain produk dan kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing UMKM Batik Arum Cempaka Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian kuantitatif. Besar sampel penelitian ini adalah 100 responden yang pernah membeli produk Batik Arum Cempaka dan menjadi pelanggan. Metode pengujian dan analisis data menggunakan SPSS: Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel orientasi pasar, inovasi produk tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing, dan variabel orientasi kewirausahaan, desain produk, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing. variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, inovasi produk, desain produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang sama terhadap keunggulan bersaing Batik Arum Cempaka Pemalang

Published
2023-07-07
How to Cite
Prasetya, V., Hartoyo, H., & Selamet, S. (2023). Upaya Membangun Keunggulan Bersaing UMKM Batik. MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG, 6(1), 37-46. https://doi.org/10.52624/manajerial.v6i1.2369