FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BEKAS PADA DILER LESTARI MOTOR TANJUNGPINANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor marketing dan faktor non marketing yang memengaruhi konsumen melakukan pembelian sepeda motor bekas dengan semua jenis atau tipe kendaraan yang disediakan di Diler Lestari Motor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dimana jumlah populasi sebanyak 307 dan sampel sebanyak 174 konsumen. Hasil uji t pada variabel faktor marketing (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai Thitung (4,033) > Ttabel (1.653) dan mempunyai signifikan sebesar 0.00 lebih kecil dari 0.05. sedangkan hasil uji t variabel faktor non marketing (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) diperoleh nilai Thitung (3,249) > Ttabel (1.653) dan mempunyai signifikan sebesar 0.01 lebih kecil dari 0.05, sedangkan secara simultan kedua variabel penelitian berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dan nilai R Square sebesar 55.6% artinya pengaruh variabel faktor marketing (X1) dan faktor non marketing (X2) terhadap keputusan pembelian sepeda motor bekas di diler Lestari Motor Tanjungpinang.