ANALISIS ANGGARAN BIAYA PRODUKSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PADA CV. PINANG ADVERTISING TANJUNGPINANG
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis penyimpangan antara anggaran biaya produksi dengan realisasinya serta peranannya sebagai alat pengendalian biaya. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif serta menggunakan data primer dan sekunder yaitu berupa wawancara dan laporan penyusunan anggaran pada tahun 2019. Kemudian peneliti menganalisis anggaran biaya produksi realisasinya. Berdasarkan dari penelitian menunjukan bahwa pada CV. Pinang Advertising Tanjungpinang pada laporan penyusunan anggarannya dibuat sesederhana mungkin. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa anggaran biaya produksi pada CV. Pinang Advertising Tanjungpinang belum berperan baik dalam pengendalian biaya yang dimana biaya overhead pabriknya dalam penyusunan anggaran terdapat perbedaan selisih anggaran lebih kecil dibandingkan realisasinya (unfavorable).