PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BINTAN BLACK CORAL

  • Selvi Fauzar dosen
Keywords: Experiental Marketing, Kepuasan Konsumen.

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Experiental Marketing terhadap Kepuasan Konsumen di Bintan Black Coral. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian yang diambil oleh penulis adalah konsumen yang berkunjung ke Bintan Black Coral terhitung selama bulan Januari hingga September 2019. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diambil oleh penulis dari pelanggan Bintan Black Coral.Teknik penarikan sampel menggunakan metode Probability Sampling, sehingga sampelnya adalah 91 orang konsumen yang melakukan kunjungan pada Bintan Black Coral dengan tingkat kesalahan 5% atau tingkat signifikan 0,05. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validasi, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis terdiri dari uji f, uji t dan koefisien determinasi (R2).Dari hasil penelitian yang dilakukan pada Bintan Black Coral regresi linier berganda yaitu Y= (5,158) + 0,099X1 + 0,222X2+0,208X3+0,518X4+0,336X5. Hasil pengujian hipotesis uji F hitung menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 64,058 > Ftabel = 2,32 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi untuk keseluruhan variabel dapat dinilai Adjusted R Square yang diperoleh sebesar 77,8% dan sisanya 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam model regresi ini. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel terikat terhadap variabel bebas, maka disimpulkan secara Simultan Experiental Marketing berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen di Bintan Black Coral.

Published
2020-04-14
How to Cite
Fauzar, S. (2020). PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BINTAN BLACK CORAL. MANAJERIAL DAN BISNIS TANJUNGPINANG, 3(01), 48-61. Retrieved from https://journal.stie-pembangunan.ac.id/index.php/manajerial/article/view/1616